Download Ebook Al Mu'jam Al-Muhfahras



Kitab al-Mu’jam al-Mufahras Li Alfaz al-Quran  (الـمـعـجـم الـمـفـهـرس لألـفـاظ الـقـرآن الـكـريـم ) merupakan sebuah kitab rujukan yang lengkap dalam mencari ayat-ayat al-Quran mengikut huruf abjad (alif – ya).

Kitab yang sangat penting ini disusun oleh al-‘Allamah al-Muhaqqiq Muhammad Fuad Abdul Baqi, seorang ulama terkenal dari Mesir yang telah memberi sumbangan yang besar dalam bidang pentahqikkan (pengeditan) dan semakan terhadap kitab-kitab karya ulama terdahulu, khusus mengenai hadis-hadis Rasulullah saw. Beliau dilahirkan pada tahun 1299H / 1882M dan wafat pada 23 Zul Qa’dah tahun 1388H / 2 Februari  1968.

Kitab ini memudahkan kita mencari ayat al-Quran kita inginkan Contohnya jika kita ingin mencari ayat yang mempunyai perkataan ‘Jannah’, maka kita melihat huruf  -jim- dan mencari perkataan Jannah, maka, akan tersenarailah semua ayat-ayat yang mempunyai perkataan ‘jannah’, beserta dengan ayat, surah dan juzuznyz.  Cara mencari Surat dan Ayat Al-Qur’an dengan kitab Mu’jam al-Mufahrus li Alfazil-Qur’an
Petunjuk yang dapat kita peroleh dengan menggunakan Mu’jam al-Mufahrus li Alfazil-Qur’an adalah sebagai berikut :
1.    Perhatikan terlebih dahulu judul-judul kolom pada setiap halaman Mu’jam
2.    Di setiap judul kolom itu tertulis berturut-turut
 اللفظة    = lafal/ kata kunci
 الايه       = potongan ayat yang dimaksud
 رقمها     = nomor ayat dari potongan ayat dimaksud
 م / ك      = Makkiyah/Madaniyah
 السورة    = surat, yang didalamnya terdapat ayat dimaksud
 رقمها      = nomor surat
3.    Kita ambil  kata اَبَداً sebagai contoh kata kunci.
4.    Carilah secara berurutan pada kolom
5.    Setelah menemukan kata اَبَداً , kita juga akan tahu bahwa ternyata penggunaan kata ini tersebar dalam beberapa ayat.
6.    Disini, kita sudah dapat memastikan ayat kita cari berdasarkan bunyi teks yang tertulis pada potongan ayat dalam kolom  الايه
7.    Atas dasar ini, kita juga bisa memastikan nomor ayat yang tertera pada رقمها
8.    Sekaligus kita memastikan nama surat dan nomornya.

Screen shot

Download Disini 24 MB ((Here))

0 Response to "Download Ebook Al Mu'jam Al-Muhfahras"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai Topik. Dilarang berkomentar yg menyinggung SARA, kata kotor, pelecehan & semisalnya. Admin berhak tidak menampilkan komentar Anda jika melanggar Peraturan. Terimakasih Banyak, Horas!!!!